WELCOME!

19/03/15

Permintaan penawaran keseimbangan permintaan penawaran (Ekuilibrium)

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, sebagian manusia lainnya yang disebut produsen berusaha menyediakan barang atau jasa sebagai alat pemuas kebutuhan tersebut. Jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga inilah yang disebut permintaan

Permintaan (Demand)
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Harga merupakan kemampuan suatu barang untuk ditukarkan dengan uang atau barang lain.
Sebagai ilustrasi perhatikan kasus berikut ini:
Perusahaan Telsis Indonesia memproduksi notebook seri A700, B980, dan C200i dengan harga 3 juta, 4 juta, dan 5 juta rupiah untuk masyarakat di Kabupaten Sleman dengan jumlah penduduk dua juta jiwa dan pendapatan rata-rata 3 juta/bulan. Diwaktu yang bersamaan juga memproduksi PC (Personal Computer) dengan merk Techno seharga 2 juta. Analisislah faktor apa saja yang akan mempengaruhi permintaan terhadap barang-barang tersebut?.
Contoh analisis:
Faktor harga barang dan daya beli (pendapatan) masyarakat mengarahkan permintaan pada produk notebook seri A700 dan PC Techno. Sedangkan apabila masyarakat mengikuti trend/selera terhadap notebook maka akan memilih produk seri A700, tetapi PC Techno sebagai alternatif barang pengganti dengan harga lebih murah berpeluang mengalihkan permintaan dari notebook seri A700. Faktor terakhir yang akan mempengaruhi jumlah permintaan adalah jumlah pengguna dalam suatu populasi atau jumlah penduduk..

Hukum Permintaan
Faktor dominan yang mempengaruhi permintaan adalah harga, maka hukum permintaan mengaitkan harga barang dan jasa dengan permintaan barang tersebut. Berikut hukum permintaan:
Apabila harga mengalami kenaikan maka permintaan cenderung turun. Atau sebaliknya, ketika harga mengalami penurunan maka jumlah permintaan akan meningkat.
Pengertian tersebut menggunakan asumsi bahwa faktor-faktor lain selain harga dianggap tetap (cateris paribus). Sehingga dapat disimpulkan bahwa permintaan berbanding terbalik dengan harga.
Kurva Permintaan
Contoh hubungan harga dan jumlah permintaan dalam bentuk kurva pemintaan. Kurva bergerak dari kiri atas ke kanan bawah.
 Bentuk kurva nya sebagai berikut;

Penawaran (Supply)
Penawaran adalah jumlah barang yang dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga.
Hukum permintaan menyatakan bahwa:
Kenaikan harga mendorong bertambahnya jumlah barang dan jasa. Demikian pula sebaliknya, turunnya tingkat harga mengakibatkan berkurangnya jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.
Sehingga apabila menggunakan prinsip cateris paribus, maka dapat disimpulkan bahwa penawaran berbanding lurus dengan harga barang.
Harga penawaran barang oleh produsen dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:
1.     Biaya produksi
Ialah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu barang. Produsen yang efektif dan efisien mampu menekan biaya produksi untuk menjual barang di bawah harga pesaing.
2.     Keuntungan yang diharapkan
Tingkat keuntungan yang diharapkan produsen akan berpengaruh pada harga penawaran.
3.     Kebutuhan akan uang
Apabila produsen menginginkan perputaran modal dengan cepat, maka harga yang ditawarkan akan sangat kompetitif.
4.     Harapan kenaikan harga
Produsen menjual barang ketika permintaan pasar naik sehingga mampu mendorong kenaikan harga.
Kurva Penawaran
Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Ilustrasinya sebagai berikut:
Sehingga kurva penawarannya dapat digambarkan seperti di bawah ini:

Harga Keseimbangan (Ekuilibrium)
Harga keseimbangan adalah harga pasar yang terbentuk karena adanya keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Artinya harga yang ditawarkan sesuai dengan harga permintaan atau jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang dibeli.
Proses terbentuknya harga pasar ialah manakala permintaan sama dengan penawaran (demand = supply).

Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates